Blog Tutorial Jaringan Komputer dari Dasar Hingga Ahli

Tutorial Setting Useetv Via Wireless

Tutorial Setting Useetv Via Wireless ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi.
Saat ini saya berlangganan Internet dari ISP yang Seluruh orang indonesia mungkin sudah mengenalnya. Ya Telkom. Walaupun di awal tahun ini Telkom sempat membuat Banyak pelangganya mengeluh dengan Keputusan sepihaknya tentang pemberlakuan FUP yang di anggap tidak adil oleh beberapa pelangganya namun hal itu tidak mengurangi minat calon pelanggan yang berada di pelosok (Seperti saya) untuk tetap menggunakan layanan Telkom.
Salah satu Produk Telkom yang kini sedang booming adalah INDIHOME dengan Triple Play.
Yaitu 1 paket Layanan yang berisi "High Speed Internet", Telepon Rumah dan "IPTV(Useetv)".

Nah layanan UseeTV inilah yang akan kita bahas pada tutorial ini.
Maksud dari Judul Tutorial ini adalah, Normalnya Modem yang kita gunakan (Yang dipinjamkan Oleh telkom) memiliki 4 Port LAN, yang mana Port LAN no 4 itulah yang digunakan untuk UseeTV dengan menhubungkan STB (Set Top Box) ke Port 4 pada Modem Tersebut. Sedangkan untuk Port 1,2, dan 3 hanya untuk Internet.(Lihat Gambar dibawah)

Modem Indihome



Ada kondisi dimana saya ingin Layanan UseeTV ini bisa digunakan ditempat lain yang letaknya cukup jauh dari letak Modem. saya pun bertanya pada Tekhnisi Telkom yang waktu itu mengkonfigurasi modem waktu pemasangan baru tentang hal tersebut. dan Jawabanya "Tidak Ada Cara". Sungguh jawaban yang mengecewakan. tidaklah mungkin untuk saya Memasang kabel dari Modem Ke STB yang jaraknya hampir 1KM. saya pun berfikir untuk mengganti Kabel Tersebut dengan Wireless. karena dari namanya dan pengertianya Wireless adalah media Penghubung Pengganti Kabel.

Untuk mengimplementasikan Ide itu saya harus menyiapkan Perangkat wireless berupa Radio AP dan Radio Client. Kebetulan saya mempunya beberapa radio Wireless yang pernah saya beli semasa kuliah dulu (TP-LINK WA5210). Setelah mencoba sendiri akhirnya kini saya bisa menggunakan UseeTV dari Tempat yang jauh dari Modem Menggunakan Wireless :D

Caranya :
  • Siapkan 2 Buah Radio Wireless (Radio A & Radio B)
  • Radio A di Setting Mode Sebagai Access Point Bridge
  • Radio B di Setting ModeSebagai Client Bridge
  • Hubungkan Kabel LAN dari Port 4 Modem Ke Port LAN Radio A
  • Hubungkan Kabel LAN dari Port LAN Radio B ke STB
  • Selesai

Cukup Simpel Kan, intinya kita hanya mengganti Kabel dengan Wireless. maka dari itu kedua Radio itu harus dalam Keadaan bridge.

Pemilihan Jenis Radio Pun diserahkan kepada anda sesuai kebutuhan dan kemampuan Kantong anda :D.
Untuk rincian Konfigurasi Radio AP dan Radio Client Akan saya bahas di Postingan Lain, Mengingat banyaknya Merk,Model dan type Radio yang ada saat ini, makanya saya akan membahasnya secara terpisah. :D
Setting Bullet Sebagai Pemancar 








Tag : AP, Tutorial, Wireless
Comments
0 Comments
0 Komentar untuk "Tutorial Setting Useetv Via Wireless"

Back To Top