Blog Tutorial Jaringan Komputer dari Dasar Hingga Ahli

Perangkat Jaringan Komputer Dan Fungsinya

Pengenalan kepada perangkat jaringan komputer merupakan hal selanjutnya yang akan kita pelajari setelah mengetahui pengertian Jarkom (jaringan Komputer), Klasifikasi wilayah-fungsi-topologi, Jenis Protokol serta OSI Layer. walaupun sebenernya masih banyak lagi hal lain yang perlu di bahas sebelum masuk ke pengenalan perangkat jaringan, namun hal itu bisa kita pelajari di lain kesempatan.
kembali ke topik awal, perangkat jaringan merupakan alat/device/perangkat yang digunakan untuk melakukan komunikasi antar komputer. namanya saja "Jaringan Komputer" maka perangkat yang paling dibutuhkan pertama kali adalah sebuah "Komputer", bisa Komputer Desktop (PC) Komputer Jinjing (Laptop) Ataupun Komputer Server.

Komputer Server
Komputer server umumnya mempunyai sistem operasi, aplikasi  dan database yang menyediakan layanan kepada komputer-komputer lain dalam jaringan. Database yang terdapat dalam komputer server biasanya berisi data yang digunakan bersama sama oleh komputer-komputer klien. Pada jaringan yang besar dimana data yang harus ditangani oleh server cukup besar, server untuk database dibuat terpisah untuk server jaringan. Jika jaringan dihubungkan ke internet, maka komputer server  berfungsi sebagai gateway atau gerbang komputer klien untuk mengakses internet.




Komputer Klien
Komputer klien adalah komputer yang berada didalam sebuah jaringan komputer yang digunakan oleh pengguna untuk mengakses data dan informasi. Komputer klien menerima layanan koneksi ke internet , layanan data dan informasi, maupun layanan koneksi dan komunikasi dengan komputer yang lain yang ada dalam jaingan. adapun jumlah komputer klien yang terdapat dalam sebuah jaringan bisa mencapai puluhan bahkan ratusan komputer.


Jenis Perangkat Komputer & Fungsinya

1. Modem
Modem (Modulator Demodulator) merupakan perangkat yang menghubungkan kita ke internet. Perangkat ini berfungsi mengubah sinyal Analog menjadi sinyalDigital. Modem mengganti sinyal digital dari komputer menjadi sinyal analog ketika melewati medium seperti saluran telepon, kemudian modem merubah kembali sinya tersebut menjadi sinya digital saat menuju komputer tujuan. Hal ini dilakukan agar bisa dipahami oleh komputer.
2. Kabel Jaringan
Kabel jaringan merupakan peralatan yang berfungsi sebagai media penghubung antara komputer dengan komputer atau komputer dengan perangkat jaringan lainnya. Berikut adalah jenis-jenis kabel yang digunakan dalam jaringan komputer.
  • Twisted Pair (UTP dan STP)
  • Coaxial
  • Fiber Optic
3. Network Interface Card (NIC)
Perangkat keras jaringan komputer yang satu ini dikenal dengan istilah Ethernet Card atau lebih populer dengan istilah LAN Card. Adalah kartu jaringan yang berfungsi sebagai penghubung antar komputer dengan sebuah jaringan. Umumnya NIC ini sudah terintegrasi dengan motherboard komoputer dan laptop, namun ada juga berupa kartu yang ditancapkan ke motherboard. Bahkan seiring dengan maju perkembangan, ada juga yang berupa USB.
4. Konektor
Konektor adalah alat yang menghubungkan kabel dengan network adapter. Coba bayangkan apabila tidak ada konektor, dengan cara bagaimana kabel-kabel jaringan dapat terhubung dengan network adapter atau NIC. Jeni konektor tentunya disesuaikan dengan jenis kabel yang digunakan.
  • Konektor RJ-45 digunakan untuk Kabel UTP
  • Konektor BNC/T digunakan untuk Kabel Coaxial
  • Konektor ST digunakan untuk Kabel Fiber Optic
5.  Hub
Hub adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menyatukan kabel-kabel  network dari tiap workstation, server atau perangkat lain. Biasanya perangkat keras jaringan ini digunakan untuk membangun topologi bintang, kabel twisted pair datang dari sebuah workstation masuk kedalam hub.

6. Switch

Sebenarnya fungsi dari switch adalah sama dengan hub. Namun sebenarnya cara kerja switch sedikit lebih rumit bila dibandingkan dengan hub. Switch tidak hanya sekedar mengurusi sinyal listrik tapi juga harus memproses informasi pada lapisan atau layer data link, informasi yang dicek oleh switch adalah alamat MAC address dari setiap perangkat dan komputer yang tersambung dengan dirinya.
7. Repeater
Repeater berfungsi untuk memperkuat sinyal dengan cara menerima sinyal dari suatu segmen jaringan lalu memancarkan kembali dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli pada segmen kabel yang lain.
8. Bridge
Fungsi dari bridge itu sama dengan fungsi repeater tapi bridge lebih fleksibel dan lebih cerdas dari pada repeater. Bridge dapat menghubungkan jaringan yang menggunakan metode transmisi yang berbeda. Misalnya bridge dapat menghubungkan Ethernet baseband dengan Ethernet broadband.
9. Router
Fungsi utama router adalah sebagai perangkat dalam jarinan komputer yang digunakan sebagai penghubung antara jaringan atau network. Router yang menentukan jalur mana yang terbaik untuk dilewati paket data sehingga data dapat sampai ke tujuannya. 

Perlu diketahui bahwa masih banyak perangkat jaringan komputer lain, namun yang saya bahas di atas adalah perangkat jaringan yang paling umum digunakan. hal lain yang perlu diketahui bahwa setiap perangkat jaringan mempunyai banyak produsen yang artinya 1 jenis perangkat bisa mempunya banyak Merk, type serta kekurangan, keunggulan yang berbeda-beda dan pastinya, perangkat yang mempunyai nilai jual mahal menawarkan fitur-fitur yang mungkin tidak ada pada perangkat yang sejenis.
contoh untuk router, tersedia begitu banyak model, merk dan type router, namun untuk blog ini mungkin saya hanya akan lebih sering membahas salah satu jenis router yang paling handal yaitu Mikrotik seperti motonya "Routing The World".
Tag : Dasar, Teori
Comments
0 Comments
0 Komentar untuk "Perangkat Jaringan Komputer Dan Fungsinya"

Back To Top